Teluk Kiluan, Indonesia

November 11, 2012
2 mins

KEINDAHAN TERSEMBUNYI

“A wise traveler never despises his own country.” – Carlo Goldoni

Indonesia menyimpan banyak keindahan alam yang tersembunyi dan kadang sulit dijangkau karena transportasi yang sulit dan kondisi jalan yang belum memadai. Salah satu keindahan tersembunyi itu adalah Teluk Kiluan yang berada di Lampung Selatan.

Dalam perjalanan yang memakan waktu semalaman dari Jakarta itu awalnya saya sudah hopeless karena kondisi jalan yang luar bisa susah, rusak dan nyaris bisa dibilang mengerikan. Dalam hati saya sudah mengancam, kalau sampai teluk tidak menemukan “something different” mungkin saya akan sangat kecewa. Apalagi kami membawa mobil yang salah untuk menaiki pegunungan dan jalanan tusak itu sehingga sekujur tubuh rasanya rontok semua.

Pagi hari kami memasuki Teluk Kiluan dan saya belum bisa melihat kecantikannya. Tetapi saat kami makan sarapan, saya mulai merasakannya. Makanan laut yang luar biasa enak itu mulai membuat saya tertarik, apalagi saat siang hari kami naik sampan ke tengah lautan. Wow! Dan penjelajahan dimulai.

  Kami menuju tengah lautan lepas yang menghitam, dan diam-diam saya sangat ketakutan. Ini pertama kalinya saya bersampan ke tengah lautan lepas dengan perahu kecil. Oh my God! Sementara saya tidak bisa berenang, jadi saya memutuskan untuk berdoa dan pasrah pada takdir. Rencana ke tengah lautan ini adalah untuk melihat lumba-lumba di habitat yang sesungguhnya. Menuju garis horison di tengah lautan rasanya sangat jauh tapi saya mulai terbiasa dan tenang. Setelah menunggu beberapa saat, kawanan lumba-lumba itupun muncul dan berseliweran di dekat perahu kami. Hilang sudah ketakutanku dan berganti dengan kegirangan.

 Tak hanya melihat lumba-lumba di lautan, saya bisa menyisir beberapa pulau kecil di sekitar Teluk Kiluan yang tak kalah cantiknya seperti pulau Kepala, batu Candi dan banyak lagi. Memang susah untuk menjangkau tempat ini tetapi dalam hati saya berpikir bahwa pulau-pulau cantik di Indonesia memang sebaiknya tetap tak terjangkau agar tidak kotor dan rusak. Semakin banyak pengunjung akan semakin banyak sampah dan jejak-jejak perusak. Dan rasanya kesulitan perjalanan sepadan dengan apa yang kita lihat di tempat tersembunyi ini. So? Tetaplah tersembunyi pulau-pulau yang cantik di Indonesia…

Avatar
Writer, Traveller and Dreamer

Leave a Reply

  • (not be published)