Mudahnya Mengurus Sendiri VISA RUSIA

August 25, 2019
7 mins

Rusia terkesan misterius sekaligus buruk karena sebagian kita melihatnya dari film-film Hollywood. Tapi bukankah hal-hal yang misterius itu justru menantang sebagian orang untuk melihat faktanya? Salah satunya saya. Saya sangat tertarik datang ke Rusia untuk membuktikan hal-hal misterius itu.  Maka, saya menyiapkan sendiri proses perjalanan saya ke Rusia, salah satunya mengurus visa Rusia saya sendiri.

Sesulit apa sih mengurus visa Rusia kita sendiri? Jawabannya ; Tidak sulit! Jika anda mau membaca petunjuk proses step by step yang tersebar di internet dan mengikutinya. Dengan mengurus sendiri, anda akan menghemat biaya yang diambil agen sekaligus dapat bonus belajar hal baru mengurus visa Rusia. Karena saya suka belajar hal baru dan tidak punya uang untuk berbagi dengan agen, maka saya lebih suka melakukan semuanya sendiri.

Dokumen apa saja yang harus disiapkan untuk mengurus visa Rusia?

  1. Passpor yang masih berlaku sekurangnya 6 bulan sebelum keberangkatan dan harus ada halaman kosong, jangan sampai halaman passpor anda sudah dicap semua sehingga tidak menyisakan halaman kosong.
  2. Invitation Letter yang harus disertakan saat mengajukan dokumen. Invitation Letter ini akan saya jelaskan nanti.
  3. Pas foto berwarna 3.5×4,5 satu lembar, dengan background putih. Foto ini nanti untuk ditempelkan di formulir dan saya tidak diminta foto yang lain lagi.
  4. Tiket Pesawat return Jakarta-Rusia yang sudah dibayar lunas.
  5. Formulir aplikasi visa Rusia yang sudah diisi secara online, kemudian diprint dan dilengkapi dengan foto kita. Petunjuk pengisian formulir dan link-nya bisa anda search sendiri di internet. Sangat mudah tinggal mengikuti saja.
  6. Menyiapkan uang USD untuk membayar visa. USD 80 untuk single entry dengan waktu regular sekitar 14 hari dan USD 160 untuk single entry kilat 5 hari. Biaya untuk double entry atau multiple entry bisa anda cek di website kedutaan Rusia. Sebaiknya anda membawa uang dollar karena kedutaan hanya menerima pembayaran menggunakan USD.

Ada nggak dokumen lain yang perlu disiapkan sebagai pendukung? Saya selalu menyiapkan semua dokumen pendukung meskipun tidak selalu diambil oleh kedutaan karena saya malas bolak-balik ke rumah saya yang di planet lain sementara lokasi kedutaan jauh, jika dokumen itu diperlukan.

  1. Print out semua penginapan yang telah saya pesan dengan bukti PAID.
  2. Print out tiket sambungan antar kota (kereta malam, bus, pesawat dalam Rusia) yang telah saya pesan dengan bukti PAID.
  3. Fotocopy hartu identitas/KTP.
  4. Itinerary perjalanan selama di Rusia, tidak harus detail tetapi itinerary ini bersesuian dengan penginapan, tiket antar kota dan invitation letter.
  5. Asuransi perjalanan, meskipun ini dikembalikan oleh pihak kedutaan. Saya selalu membuat asuransi perjalanan untuk berjaga-jaga jika sesuatu terjadi maka saya tidak terlalu merepotkan keluarga saya. Dan salah satu asuransi perjalanan mengcover satu orang biaya keluarga yang berkunjung karena kita sakit di negara tersebut, hingga pemulangan jenazah sampai negara asal.

Apakah persyaratan visa Rusia tidak menggunakan bank reference dan jumlah uang tertentu di rekening seperti visa Scengen, United Kingdom atau beberapa negara lainnya? Tidak! Visa Rusia tidak memerlukan syarat rekening tabungan. Tetapi yang diwajibkan adalah invitation letter dari biro resmi perjalanan di Rusia dan menggunakan bahasa Rusia. Terus gimana cara mendapatkan invitation letter ini? Mereka yang tinggal di hotel sebagian bisa minta invitation letter ke hotel tersebut. Tetapi pihak kedutaan memiliki agen resmi yang mereka percaya yaitu www.brovenik.com. Kita tinggal klik brovenik.com dan disana sudah ada petunjuk dalam bahasa Inggris bagaimana mendapatkan invitation letter itu. Kita akan mengisi formulir kecil, lalu membayar $39.5. Dalam 24 jam invitation letter itu akan dikirimkan ke email kita dalam bentuk PDF dan siap di print untuk digunakan sebagai dokumen syarat pengajuan visa. Semudah itu! Iya, asal kita mau membaca dan mengikuti petunjuknya saja kok!

Formulir isian Visa online

 

Setelah dokumen lengkap, kita datang ke kedutaan Rusia yang ada di seberang Plaza Festival kawasan Kuningan. Tapi jangan harap datang begitu saja akan dapat nomor antrian. Pelayanan di sini masih manual. Kita akan menulis nama kita di dinding pagar kedutaan pada jam 5 pagi agar mendapat nomor antrian sebelum 10 orang (karena mereka hanya melayani 10 nomor, soal ini jangan tanyakan ke saya, saya juga nggak ngerti kenapa di zaman seperti ini, pelayanan antrian masih manual). Lalu kita datang lagi jam 8.30, saat pagar kedutaan hampir buka. Jangan lupa setelah anda menulis nama anda di dinding pagar itu anda potret, jadi misalnya petugas mengatakan nama anda tidak ada, anda masih memiliki buktinya dalam foto itu.

Kedutaan Besar Rusia di Jakarta

Proses memasukkan dokumen tidak begitu rumit, jika semua dokumen lengkap, anda akan mendapatkan kwitansi pembayaran untuk pengambilan visa anda diwaktu yang telah ditentukan. Jika dokumen anda belum lengkap maka akan dikembalikan dan anda diminta untuk memenuhi kekurangan itu. Jadi keutungan pengurusan visa Rusia, kita tidak akan kehilangan uang yang kita bayarkan karena jika dokumen sudah lengkap dan membayar bisa dipastikan kita akan mendapatkan visa.

Kwitansi bukti penerimaan dokumen dan pembayaran untuk pengambilan visa

Dua minggu kemudian, saya mengambil visa saya. Tanpa menggunakan nomoe antrian dan mereka memberikan passport beserta visa di dalamnya sekitar jam 12 siang. Sebaiknya anda datang jam 11-12 untuk pengambilan visa. Karena pagi hari mereka masih mengurus dokumen-dokumen yang masih seabrek meskipun nomor yang mereka berikan hanya 10 biji. Hidup di era online membuat hal-hal manual terasa menyesakkan, tetapi demi bisa melihat Rusia, saya tidak keberatan! Akhirnya saya dapatkan visa saya, dan pengalaman itu saya share ke teman-teman semua. Jangan ragu mengurus visa sendiri!

 

 

 

Avatar
Writer, Traveller and Dreamer

Leave a Reply

  • (not be published)